Kata-Kata Hikmah & Nasihat Emas Dari Imam Shāfiʿī

Imam Shāfiʿī terkenal sebagai seorang yang sangat cintakan ilmu. Beliau juga terkenal dengan mutiara kata dan nasihat yang boleh kita amalkan dalam kehidupan seharian.

Memang benarlah apa yang disampaikan oleh Imam Shāfiʿī merupakan suatu kata-kata nasihat yang sungguh bermakna berdasarkan pengalaman dan perjalanan hidup beliau sejak kecil yang cintakan ilmu. Jadikan mutiara kata Imam Shāfiʿī ini sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk kita hayati dan amalkan.

1. “Bila kau tak mau merasakan lelahnya belajar, maka kau akan menanggung pahitnya kebo-dohan” (Imam Syafi’i)

2. “Jangan cintai orang yg tidak mencintai Allah, kalau Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu” (Imam Syafi’i)

3. “Barangsiapa yang menginginkan husnul khatimah, hendaklah ia selalu bersangka baik dengan manusia” (Imam Syafi’i)

4. “Jadikan akhirat dihatimu, dunia ditanganmu dan kematian dipelupuk matamu” (Imam Syafi’i)

5. “Amalan yang paling berat diamalkan Ada 3 (tiga). 1. Dermawan saat yang dimiliki sedikit. 2. Menghindari mak-siat saat sunyi tiada siapa-siapa. 3. Menyampaikan kata-kata yang benar dihadapan orang diharap atau ditakuti” (Imam Syafi’i)

6. “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan ama-rah, sehingga orang lain mengira bahwa ia merasa ridha” (Imam Syafi’i)

7. “Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain ka-fan sedang di tenun” (Imam Syafi’i)

8. “Doa disaat tahajud adalah umpama panah yang tepat mengenai sasaran” (Imam Syafi’i)

9. “Berkatalah sekehendakmu untuk menghi-na kehormatanku, diamku dari orang hina adalah suatu jawaban. Bukanlah artinya aku tidak mempunyai jawaban, tetapi tidak pantas bagi singa meladeni anjing” (Imam Syafi’i)

10. “Ilmu itu bukan yang dihafal tetapi yang memberi manfaat” (Imam Syafi’i)

11. “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kemeralatannya, sehingga orang lain menyangka bahwa dia berkecukupan karena dia tidak pernah meminta” (Imam Syafi’i)

12. “Siapa yang menasehatimu secara sembunyi-sembunyi, maka ia benar-benar menasihatimu. Siapa yang menasihatimu di khalayak ramai, dia sebenarnya menghinamu” (Imam Syafi’i)

13. “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengira bahawa ia selalu senang” (Imam Syafi’i)

14. “Apabila engkau memiliki seorang sahabat yang membantumu dalam ketaatan kepda Allah, maka genggam eratlah ia, jangan engkau lepaskan. Karena mendapatkan seorang sahabat yang baik adalah perkara yang sulit, sedangkan melepaskannya adalah perkara yang mudah” (Imam Syafi’i).

15. “Ketahuilah istighfar yang diucapkan dengan betul mampu membuat syai-tan lari ketakutan dan mengoncang empayar ib-lis di istana kerajaannya.” (Imam Shāfiʿī)

 16. “Sebesar-besar keaiban (keburukan) adalah kamu mengira keburukan orang lain sedangkan keburukan itu terdapat dalam dirimu sendiri.” (Imam Shāfiʿī)

17. “Tafakurlah sebelum tidur bagi menghisab diri atas salah dan silap semasa aktiviti pada siang hari sebagaimana Umar bin al-Khattab menyiasati dirinya dengan pelbagai soalan berkenaan do’sa-do’sanya pada siang hari.” (Imam Shāfiʿī)

Semoga perkongsian ini mendapat manfaat kita bersama. Kongsikan kepada keluarga dan sahabat-sahabat anda !

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو الْأَنْصَارِيِّ البَدْرِيِّ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ.

صحيح مسلم ، كتاب الإمارة ، باب فضل إعانة الغازي في سبيل الله بمركوب وغيره، وخلافته في أهله بخير ، حديث رقم 1893

Daripada Abu Mas’ud ‘Uqbah bin Amriy Al-Anshori Al-Badriy, beliau berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesiapa yang dapat menunjukkan suatu kebaikan (kemudian diikuti dan dilakukan kebaikan tersebut oleh seseorang yang lain) maka dia akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya.” (Hadith riwayat Muslim, No.Hadith : 1893)

Like dan Follow kami di @genganakmuda dan @viralmalaysiaku

Related articles